Beranda > Renungan > PGRI: Guru Tak Dipersiapkan Kuasai Bahasa Inggris

PGRI: Guru Tak Dipersiapkan Kuasai Bahasa Inggris


Yogyakarta (ANTARA) – Banyak guru tidak bisa berbahasa Inggris, karena mereka tidak dipersiapkan untuk menguasai bahasa asing tersebut, kata Ketua Persatuan Guru Republik Indonesia Daerah Istimewa Yogyakarta Achmad Zainal Fanani.

“Penguasaan bahasa Inggris khususnya bagi guru di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) belum maksimal karena tidak dicetak untuk bisa berbahasa Inggris dengan baik,” katanya di Yogyakarta, Minggu.
Hal itu disampaikan Zainal menanggapi tujuh guru sekolah dasar di DIY yang batal mengikuti pelatihan pengelolaan teknologi informasi dan komunikasi di Jepang karena terkendala penguasaan bahasa Inggris yang menjadi salah satu syarat dalam kegiatan tersebut.

Ia mengatakan, guru tingkat sekolah dasar hingga sekolah menengah atas banyak tidak bisa berbahasa Inggris, termasuk di rintisan sekolah bertaraf internasional dan sekolah bertaraf internasional.
Hal itu bisa terjadi karena selama kuliah hanya memperoleh mata kuliah bahasa Inggris sebanyak dua satuan kredit semester (SKS).

Menurut dia, porsi mata kuliah bahasa Inggris pada saat guru menempuh pendidikan di Lembaga Pendidik Tenaga Kependidikan (LPTK) hanya dua SKS. “Oleh karena itu, jangan berharap banyak guru bisa fasih berbahasa Inggris, kecuali guru jurusan bahasa Inggris atau yang kursus bahasa tersebut,” katanya.
Ia mengatakan, permasalahan itu menjadi tugas bersama untuk diatasi. Namun, bukan berarti menjadi tuntutan bagi para guru untuk bisa berbahasa Inggris secara instan.

“Penguasaan bahasa Inggris bisa tercapai melalui proses yang cukup panjang. Misalnya, jika ingin mengirim guru ke luar negeri harus dikursus dulu agar penguasaan bahasa Inggris mereka menjadi baik,” katanya.

Sumber: Yahoo News

Kategori:Renungan
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: