Beranda > Kepengawasan > Daftar Kendali Kunjungan Kerja Pengawas Sekolah

Daftar Kendali Kunjungan Kerja Pengawas Sekolah


Daftar kendali merupakan suatu instrumen untuk mempertimbangkan dan mengevaluasi situasi nyata dari suatu aktivitas/situasi yang terjadi didalam kelas atau di sekolah. Hasil ini merupakan sesuatu yang amat diperlukan oleh seorang pengawas, seperti rencana pembelajaran bagi guru. Beberapa contoh daftar kendali dapat direproduksi di bawah ini.

Daftar kendali untuk kunjungan ke sekolah

1. Beritahu pada kepala sekolah yang akan dikunjungi, kapan waktu, tujuan kunjungan, persiapan khusus yang dibutuhkan, untuk memperoleh informasi yang diperlukan.
2. Periksa secara sepintas dokumen pengamatan dari kunjungan sebelumnya.
3. Tindaklanjuti apapun yang timbul dari kunjungan sebelumnya.
4. Periksa informasi umum yang tersedia tentang sekolah tersebut, staf dan masyarakatnya.
5. Adakah sumberdaya/bahan yang dapat disalahtafsirkan oleh kepala sekolah atau guru.
6. Siapkan rencana kunjungan Anda, antara lain:
(i) Rencana umum
(ii) Tujuan khusus (Specific Objectives).
(iii) Metoda pendekatan
(iv) Alokasi waktu
(v) Outcome/keluaran yang diharapkan
7. Periksa perjalanan secara rinci dan tata ulang kondisi yang dibutuhkan.

Daftar kendali untuk kunjungan kelas

1. Tentukan kelas dan waktunya. Pertama buat hubungan (contact) dengan guru. Arahkan pada pembentukan hubungan dan kemudahan komunikasi, sehingga kunjungan dapat diterima dan tidak menakutkan.
2. Rumuskan tujuan dari kunjungan Anda.
3. Tentukan metode kepengawasan Anda, secara luwes/fleksible
4. Catat waktu pada jadwal (schedule) Anda sebagai tindak lanjut dari diskusi bersama guru dengan cara yang amat bersahat.

Daftar Cek Pengamatan Presentasi Pelajaran.

a. Apakah guru membuat pernyataan tujuan dengan jelas?
b. Apakah ia mereview pelajaran sebelumnya?
c. Apakah ia menampilkan pelajaran baru dengan cara ringkas/ sederhana, logis dan berurutan?
d. Apakah ia memberikan petunjuk praktis pada siswa-siswanya?
e. Apakah ia menyediakan kesempatan pada kelas untuk praktek secara bebas/independen?
f. Apakah ia menugaskan pekerjaan rumah pada siswa?
g. Apakah ia secara terus menerus mendominasi siswa?
h. Apakah ia menggunakan alat bantu audio visual yang relevan dengan cukup?
i. Seberapa banyak ia menggunakan papan tulis?
j. Apakah suasana/lingkungan kelas pada kegiatan pembelajaran membuat siswa aktif berpartisipasi?
k. Seberapa banyak pembelajaran nyata terjadi?

1. Tuliskan butir-butir catatan pembimbingan yang konstruktif. Yakinkan bahwa Anda memiliki beberapa catatan tentang kinerja guru yang dapat Anda berikan pujian.
2. Identifikasi keistimewaan utama dari pelajaran yang akan Anda diskusikan dengan guru. Tekankan saran positif dan ide dari pada saran-saran negatif seperti komentar “apa yang …, dan kenapa itu, Anda kerjakan”
3. Libatkan guru dalam perencanaan pelajaran/metoda untuk meningkatkan situasi pembelajaran.

Checklist Review dan Supervisi.

A. Dasar pertimbangan:
1. Apakah ada pra-perencanaan bersama dengan guru?
2. Apakah guru menghargai sepenuhnya proses supervisi dan diskusi yang dilakukan setelah itu?
3. Apakah lokasi diskusi secara fisik cocok atau pantas?
4. Apakah waktu/durasi diskusi mencukupi?
5. Bagaimana anda menjamin suasana yang rileks/santai dalam pembelajaran.
Tipe checklist yang sama dapat disiapkan tentang ketersediaan yang tepat dan kegunaan fasilitas fisik, catatan ujian internal dan eksternal, catatan kantor dsb.

B. Mekanisme Diskusi:
1. Meninjau/mereview kata-kata pembukaan Anda;
• Apa yang mereka desain untuk dicapai?
• Apa yang tejadi pada reaksi guru?
2. Selama diskusi;
• Siapa yang paling banyak berbicara?
• Kenapa?
3. Apakah Anda mendengarkan penjelasan/komentar guru secara seksama?
4. Apakah Anda memberikan catatan tertulis untuk petunjuk guru?

C. Evaluasi:
1. Bagaimana akan Anda pertimbangkan reaksi guru, baik pada sikap maupun reaksi mereka yang akan didiskusikan dalam “Pertemuan setelah pengamatan”?
2. Apakah persyaratan/ketentuannya mencukupi untuk membuat tindakan lanjutan?

Kategori:Kepengawasan
  1. 19 Januari 2013 pukul 07:09

    My family always say that I am killing my time here at net, however I know
    I am getting experience every day by reading thes pleasant articles or reviews.

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: