Beranda > psikologi > 9 Pedoman Menanamkan Kepercayaan Diri Anak

9 Pedoman Menanamkan Kepercayaan Diri Anak


By: Abhishek

Kita semua percaya bahwa memiliki keluarga dengan anak-anak adalah sesuatu yang indah. Anda mulai merajut impian besar anak-anak Anda dengan sangat baik dari hari sejak dia lahir. Tetapi jika hanya memberikan mereka makanan dan pakaian tidak menjadikan Anda orangtua yang baik. Anda dapat memberikan mereka apa saja dan menghabiskan uang Anda, tetapi akan jauh lebih penting jika Anda menginvestasikan waktu dan emosi di dalamnya.

Salah satu aspek yang sangat penting pada diri Anda sebagai orangtua adalah membangun harga diri pada anak Anda. Dengan cara ini, anak Anda akan dapat mencapai sukses dalam kehidupannya kelak.
Berikut ini adalah beberapa petunjuk penting yang dapat dijadikan pedoman bagi orangtua dalam menanamkan harga diri pada anak-anak:

1. Anak-anak akan melihat orangtua sebagai model dirinya. Mereka meniru segala sesuatu tentang orangtua mereka dalam berjalan, berbicara, berpakaian, berperilaku, dan lain-lain. Orangtua harus mampu mengendalikan diri mereka untuk selalu berhati-hati dalam berbicara. Pembicaraan tidak boleh menimbulkan ide-ide yang salah atau negative kepada anak. Hal ini akan membantu anak-anak mewarisi sikap yang positif dalam lingkungan sosial mereka seperti sekolah atau lingkungan mereka bergaul.

2. Ketika membantu anak-anak Anda dalam belajar, pastikan bahwa Anda hanya membantu mereka belajar dan tidak merampas hak-hak mereka belajar. Anda cukup menjelaskan beberapa bagian dari pekerjaan anak-anak Anda dan kemudian membiarkan mereka meneruskan sehingga mereka belajar lebih baik. Ini juga akan mengecek kemampuan anak untuk belajar dan memahami sesuatu.

3. Para ahli mengatakan bahwa anak-anak akan sangat baik jika mereka mejadi bagian dari sebuah tim di sekolah, terutama tim olahraga permainan. Hal ini tidak hanya baik untuk fisik, tetapi juga menambah inersia – kekuatan batin yang merupakan dan kepercayaan pada diri sendiri. Permainan seperti sepak bola, bola basket dan lain-lain mengajari anak-anak memiliki semangat tim dan membantu mereka memiliki banyak teman.

4. Kadang-kadang anak-anak kurang tertarik dalam olahraga atau lemah disbanding yang lain dalam tim. Dalam kasus seperti ini orangtua dapat membantu mereka untuk memasuki klub-klub lain diluar olahraga. Dengan beberapa latihan ekstra dan fokus, anak Anda akan mampu menjadi pemain yang baik dan memperoleh kemajuan sebagaimana yang diperoleh teman-teman yang lain pada waktu yang sama.

5. Anak-anak yang tidak memiliki minat dalam olahraga, mereka dapat dmotivasi untuk mencoba beberapa kegiatan kreatif lainnya seperti melukis, menari, musik dan lain-lain. Bantulah anak-anak Anda menemukan diri mereka dalam berbagai bidang (keterampilan) yang akan menambah variasi kehidupan anak-anak Anda.

6. Cara lain untuk membangun harga diri pada anak adalah membantu mereka melakukan kegiatan yang tidak biasa. Misalnya, ayah mengajak anak-anak pergi berkemah, ibu mungkin mengajak puterinya memasak makanan, atau bersama keluarga pergi pada liburan petualangan.

7. Dalam kegiatan seprti ini Anda jangan kuatir (anak-anak) menghadapi banyak rintangan. Bila anak menghadapi banyak kesulitan Anda dapat memberikan bimbingan dan mereka akan menyadari bahwa mereka memiliki energy, pikiran, kekuatan, dan bakat tersembunyi yang harus mereka keluarkan untuk melawan kesulitan atau rintangan yang dihadapi. Apakah baik atau buruk, hasil ini pada akhirnya akan berpengaruh pada anak karena anak akan memperoleh kepercayaan diri untuk menghadapi dunia dimasa depan.

8. Setelah melakukan semua ini, dan Anda yakin bahwa anak Anda telah cukup siap memasuki dunianya, biarkanlah mereka menentukan pilihan jalan hidupnya sendiri. Anda tidak boleh menghentikan mereka, tetapi juga tidak membiarkan mereka lepas sendiri. Membimbing mereka dengan berbagai nasihat dan mendukung keputusan mereka adalah cara yang bijak untuk membiarkan mereka menjalani hidupnya di dunia.

9. Biarkan anak Anda memahami konsekuensi dari pilihan mereka sendiri dan belajar dengan pengalaman mereka. Hal ini akan membantu mereka menjadi dirinya sendiri yang lebih baik seumur hidupnya.

*****
Judul asli : Building Child’s Self Esteem – 9 Guidelines On How Parents May Help
Abhishek adalah ahli Pengembangan Diri.

  1. 28 Februari 2013 pukul 10:16

    Every weekend i used to go to see this website, as i wish for enjoyment, since this this
    web page conations truly good funny material too.

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: